Budaya vietnam


Budaya Vietnam 



Setiap negara memiliki kebudayaan dan adat yang beragam. Hal ini merupakan salah satu penyebab dari letak geografis yang mempengaruhi berbagai macam unsur kehidupan di suatu negara. Nah kali ini Popmama.com mau bahas nih mengenai salah satu unsur yang ada di negara Asia. Berikut 7 Jenis Kebudayaan Vietnam dan Maknanya.

7 Jenis Kebudayaan Vietnam dan Maknanya

1. Pakaian

Ao dai ialah pakaian resmi untuk majelis-majelis khas seperti perkahwinan dan perayaan keagamaan. Ao dai putih dibuat dalam pakaian seragam untuk pelajar perempuan yang memakai pakaian seragam di kebanyakan sekolah menengah di seluruh Vietnam.

Áo dài juga sebelumnya pernah dipakai oleh lelaki, tetapi kadangkala di masa sekarang lelaki juga memakainya, contohnya pada acara perkawinan tradisional.

Contoh lain pakaian tradisional Vietnam termasuk:

  • Pakaian perempuan yang terdiri dari 4 bagian
  • Baju perempuan yang terdiri dari 5 lapisan
  • Baju kampung 
  • Tunik brokat untuk acara kerajaan Formal
  • Varian yang dipakai oleh pengantin lelaki
  • Setengah penutup kepala tradisional adalah non seperti tudung lampu la umbrella and non hat squaithao.

2. Kenakan Baju Tidur

Bagi orang Indonesia, piyama mungkin adalah pakaian yang mereka kenakan saat tidur. Namun nyatanya, tidak demikian halnya dengan orang Vietnam. Mereka selalu memakai piyama kemanapun mereka pergi.

3. Memakan Kuliner Ekstrim

Di Vietnam, ada hidangan yang disebut anggur kobra dan ulat sutra goreng. Kamu gak akan menemukan masakan terbaik ini di Indonesia. Ini adalah satu-satunya tempat kuliner yang harus kamu kunjungi ketika  bepergian ke Vietnam. Untuk mencoba atau tidak, pertanyaan tersebut bisa sekaligus menjadi sebuah tantangan kepada para wisatawan yang mengunjungi Vietnam.

4. Memiliki Nama Lebih dari Satu

Hampir semua warga Vietnam harus memiliki beberapa nama. Satu nama asli dan satu lagi nama keluarga. Hal yang membedakan adalah kedua nama tersebut sangat bertolak belakang.

5. Tempat Mencari Jodoh

Buat kamu yang masih jomblo dan susah cari pacar, mungkin bisa liburan ke Vietnam karena ada tradisi pasar jodoh di sana. Tradisi ini dilakukan oleh sebuah suku di Vietnam dengan mengadakan pasar perjodohan setiap tahun.

6. Kursi Jadi Meja

Kebiasaan ini sebenarnya juga banyak ditemui di Indonesia. Bedanya, di Vietnam hampir semua warung pinggir jalan menggunakan kursi sebagai meja makan. Pemandangan orang-orang yang duduk di pinggir jalan menikmati makanan di kursi-kursi ini menjadi hal yang unik saat berada di Vietnam.

7. Helm untuk Perempuan

Di Vietnam, ada juga helm dengan tudung yang didesain untuk perempuan. Helm ini memiliki lubang di bagian belakang seperti topi. 

Itu lah informasi mengenai 7 Jenis Kebudayaan Vietnam dan Maknanya. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kamu ya!


Varrent Reysha Fernandha

9A

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kebudayaan Brazil

Kebudayaan Spanyol

Kebudayaan India