Budaya Australia


 

1. Masyarakat Yang Beragam

Australia nggak punya satu budaya nasional yang seragam karena negara ini terdiri dari begitu banyak budaya yang berbeda berkat gelombang migrasi pada akhir abad ke-18. Faktanya, seperempat populasi Australia lahir di luar negeri, dan seperempat lainnya setidaknya punya orang tua yang lahir di luar negeri juga.

 

2. Rumah Bagi Peradaban Tertua

Budaya lainnya adalah Australia merupakan rumah bagi peradaban tertua di Bumi. Salah satu komponen terpenting dari lingkungan multikultural ini adalah Australia’s First Peoples,  yang mewakili budaya tertua di dunia.

Bukti arkeologis membuktikan bahwa orang Aborigin dan Torres Strait Islander telah menetap di benua tersebut selama 60.000 tahun. Saat ini terdapat 650.000 masyarakat Pribumi di Australia atau 2,8% dari populasi nasional.

3. Makan Daging Kangguru

Ada satu keistimewaan unik dari hidangan Australia: daging kanguru. Dengan 50 juta kanguru berkeliaran di seluruh negeri, dua kali populasi manusia di sana, ikon nasional Australia adalah makanan umum. Biasanya daging kanguru diolah menjadi steak atau sosis yang dikenal sebagai “kanga bangers”.

4. Budaya Minum Yang Kental

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Australia adalah negara dengan populasi yang paling suka minum alkohol ketiga di Eropa dan ke-19 secara keseluruhan. Masyarakat Australia menenggak 12,2 liter alkohol per kapita setiap tahun. 

5. Obsesi Dengan Olahraga

Orang Australia mungkin nggak menganggap diri mereka terlalu serius, tetapi mereka sangat serius soal olahraga. Dari acara internasional besar-besaran seperti Australian Open untuk tenis, hingga Grand Prix Formula One di Melbourne, negara ini benar-benar surga bagi pecinta olahraga.

6. Masyarakat Kota Yang Gemar Pantai

Budaya Australia melekat pada masyarakat negara tersebut yang sebenarnya salah satu yang paling urban di dunia. Sekitar 85% dari 25 juta penduduk tinggal dalam jarak 50 kilometer dari pantai, termasuk 10 juta di dua kota terbesar, Sydney dan Melbourne. Nggak heran sih, soalnya Australia adalah rumah bagi lebih dari 10.000 pantai yang indah.

7. Berbicara Dengan Bahasa Inggris Yang Unik

Bahasa nasional Australia adalah bahasa Inggris, dan mayoritas masyarakat menggunakannya. Namun, bahasa Inggris ini mungkin beda dari bahasa Inggris pada umumnya yang sering kamu dengar. Contohnya, bahasa gaul Australia sulit dipahami oleh orang asing, dengan banyak kata yang disingkat. 

8. Mendukung Persamaan Hak dan Kesetaraan

Budaya Australia lainnya yang terlihat jelas adalah masyarakat setempat mendukung kesetaraan. Orang Australia dikenal berhati dan berpikiran terbuka, serta berpikir bahwa setiap orang berhak mendapatkan kesempatan yang adil.

Hal ini dapat dilihat dalam dukungan universal dari sistem perawatan kesehatan dan pendidikan yang didanai publik. Australia secara sosial tidak hierarkis seperti Inggris dan sangat multikultural, dengan sebagian besar agama dunia dipraktikkan di sini. Budaya Australia adalah perpaduan uniknya sendiri yang tidak dapat dibandingkan dengan tempat lain.

9. Peduli Akan Seni

Orang Australia dikenal kreatif, dan bahkan seni Aborigin juga sangat dikagumi dan dilestarikan di seluruh negara. Kecintaan akan seni ini digunakan sebagai kronik untuk menyampaikan pengetahuan tentang tanah, peristiwa, dan kepercayaan orang Aborigin. Pemerintah Australia mendukung kancah seni nasional dengan hibah demi mendukung kegiatan seni artistik muda.

10. Melestarikan Budaya Aborigin

Tiwi adalah suku Aborigin yang kehadirannya masih sangat terasa di Australia. Suku ini secara penuh semangat melestarikan budaya mereka. Anak-anak didorong untuk mempelajari tarian Tiwi sejak usia dini untuk tampil dalam upacara.

11. Tidak Memeluk Agama Tertentu

Mayoritas orang Australia nggak memeluk suatu agama, bahkan nggak memiliki kepercayaan sama sekali. Meskipun nggak memeluk agama apa pun, masyarakat Australia sangat penuh toleransi atas semua praktik agama. Karena negara ini penuh dengan masyarakat multikultural, kamu bakal melihat semua agama hidup berdampingan dengan damai.

12. Terkenal Ramah

Secara umum, orang Australia dipandang sebagai orang yang ramah, jujur, dan berpikiran terbuka. Contohnya, kalo kamu bertegur sapa dengan orang asing di jalan, pasti mereka akan membalas sapaanmu. 




https://suneducationgroup.com/australia/budaya-australia/

M. Atthar Fayyaz Salman

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kebudayaan Brazil

Kebudayaan Spanyol

Kebudayaan India